Culture

Data


  1. Data :
  2. “Streams of raw facts representing events occurring in organizations or the physical environment before they have been organized and arranged into a form that people can understand and use”, 4.p8-9).
    (adalah aliran dari fakta yang direpresentasikan melalui kejadian dalam organisasi atau lingkungan fisik sebelum diorganisasi dan di susun ke dalam bentuk yang dapat dimengerti dan digunakan oleh user).
  3. Data adalah fakta / sebagian fakta yang mengandung arti berupa angka, huruf, symbol khusus atau gabungan darinya.
  4. Data adalah kata jamak dari “datum”, meskipun demikian data biasanya mewakili keduanya baik bentuk tunggal maupun bentuk jamak.
  5. Data adalah hasil pengamatan atau fakta yang masih mentah, yang secara khas menggambarkan gejala phisik atau suatu transaksi bisnis.
  6. Data harus dipandang sebagai sumber daya “bahan baku” yang kemudian diproses ke dalam suatu bentuk “produk” berupa informasi .
  7. Data pada umumnya diperlukan dalam suatu proses “penambahan-nilai
  8. ( pengolahan data atau pengolahan informasi), di mana :
    • Bentuk/format nya ditentukan, dirorganisir dan dikembangkan
    • Isi nya dianalisa dan dievaluasi
    • Data tersebut ditempatkan dalam konteks yang sesuai bagi seorang pemakai.
    Lima tipe utama data pada sistem informasi yang sekarang yaitu : 6.p132-177)
    1. predefined data item,
    2. images,
    3. text,
    4. audio, dan
    5. video
    Pada sistem informasi tradisional hanya berisi predefined data item dan text. Pada saat ini, akibat pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi IT data dapat dibuat dalam bentuk gambar, suara dengan menggunakan teknik seperti digitization, voice messaging dan video conference
  9. Predefined data item tediri dari numeric atau alphabetical item, yang mempunyai arti dan format khusus yang jelas dan selanjutnya digunakan untuk mengendalikan kalkulasi dan transaksi yang menggunakan data. Sebagai contoh credit card number, transaction date, purchase account, dan merchant ID.
  10. Text terdiri dari letters, numbers, dan karakter lainnya yang pengertiannya dikombinasikan tidak hanya bergantung pada bentuk yang ditentukan (prespecified format) atau definisi dari item individual (defined of individual items).
  11. Images adalah data dalam bentuk gambar, baik dalam bentuk photographs, gambar yang dibuat tangan (hand-drawn pictures), atau grafik yang dihasilkan dari data numerik. Images dapat disimpan, dimodifikasi, dan di kirim (transmitted) dalam banyak cara yang sama seperti text.
  12. Audio
    • Audio adalah data dalam bentuk suara.
  13. Video
    • Video adalah kombinasi gambar dan suara yang ditampilkan secara bersamaan. Penggunaannya misalnya melalui video conference.
    Satuan DATA
  14. Bit satuan terkecil data
  15. Byte satu karakter=8 bit
  16. Word satu kata=2 byte=16 bit
  17. Double Word satu kata=4 byte=32 bit
  18. Data satu data=beberapa byte yang punya arti
  19. Record satu baris data
  20. Field satu lajur/kolom data
  21. Table satu table data (baris dan kolom)
  22. Library satu kumpulan file data
  23. Database satu bank data (kumpulan semua data)

No comments:

Powered by Blogger.