Culture

Menambah Norton Ghost pada Hiren Boot CD 15.2

Sudah kita ketahui Hiren Boot CD adalah tool serbaguna sebagai senjata para teknisi komputer. Di dalamnya memuat berbagai program bantu yang sangat banyak seperti File Manager, Partition, Hardisk Tool, Network Tool dan lain-lain. Dia bisa juga dimasukkan dalam flashdisk yang juga dapat sebagai media boot. Bahkan dapat diintegrasikan dengan Windows XP dan Windows 7 Installer dalam satu flashdisk, seperti yang saya gunakan.

Namun pada Hiren Boot CD versi 15.2 sudah tidak lagi menyertakan Norton Ghost. Padahal tool tersebut sangat berguna dan praktis untuk instalasi OS secara instan dengan cara ghosting. Tapi untungnya saya masih menyimpan Hiren Boot CD versi lama sehingga Norton Ghost dapat ditambahkan ke dalam Flashdisk Hiren-ku yang versi 15.2.

Nah, dalam posting ini saya coba share cara paling gampang yang saya lakukan untuk menambah Norton Ghost ke dalam flashdisk Hiren yang versi baru (Versi 15.2)



Pertama :
Buka CD/Flashdisk Hiren Boot versi lama yang memuat Norton Ghost. Dalam hal ini saya menggunakan yang versi 9.8. Membukanya di Windows saja biar mudah. Cari File :
1. UHARC.EXE (ada dalam folder HBCD)
2. GHOST32.UHA (ada dalam folder HBCD\Wintools\files)
Copy-kan kedua file tersebut ke dalam folder di C atau D. misal C:\GHOST

Kedua :
Masuk ke C prompt dan masuk ke folder C:\GHOST(perintah DOS : CD\GHOST)
Jalankan perintah berikut :

UHARC.EXE X GHOST32.UHA

Tunggu beberapa saat hingga proses ektraksi file selesai.Jika sudah Anda akan mendapatkan 2 file yaitu :

GHOST32.EXE
GHOSTEXP.EXE


Nah file GHOST32.EXE itulah yang kita pakai buat meng-ghost dalam proses instalasi SysOp secara instan.

Ketiga :
Tinggal copy-kan aja kedua file tersebut ke dalam folder HBCD Hiren yang ada di flashdisk kita.

Untuk menggunakannya tinggal jalankan/boot komputer dengan flashdisk, kemudian jalankan mini XP, terus masuk ke folder HBCD tersebut dan dobel klik file GHOST32.EXE

No comments:

Powered by Blogger.