Culture

Yii2 - [Konsep] Perbedaan template project Basic dan Advanced


Mungkin diantara kita ada yang masih bingung mengenai perbedaan template project basic dan advanced pada Yii2. Untuk memahami perbedaan template basic dan advanced, berikut tabel yang menunjukkan persamaan dan perbedaan antara template basic dan advanced.

FeatureBasicAdvanced
Project structure
Site controller
User login/logout
Forms
DB connection
Console command
Asset bundle
Codeception tests
Twitter Bootstrap
Front- and back-end apps
Ready to use User model
User signup and password restore

Sumber: https://github.com/yiisoft/yii2-app-advanced/blob/master/docs/guide/start-comparison.md
Dari tabel diatas, kita perhatikan bahwa perbedaan utamanya adalah:
  • Pada advanced template mendukung aplikasi web frontend dan backend. Frontend adalah aplikasi web yang akan di tampilkan untuk end user. Backend adalah aplikasi web yang berfungsu untuk administrator dalam mengelola aplikasi fontend.
  • Pada Advanced template sudah ada sistem autentikasi user yang siap untuk kita gunakan atau mudahnya, kita/user sudah bisa login dan logout tanpa kita harus membuat programnya. Pada Basic template sistem autensikasi user nya sudah ada tapi tanpa database/ pakai kode program saja.
  • pada Advanced template sudah ada/ mendukung untuk signup dan restore password user. Jadi kita lebih enak lagi, karena tidak perlu susah-sudah untuk membuat modul signup dan restore password.
Kalau kita perhatikan tidak terlalu banyak perbedaan antara template basic dan advanced. Tidak ada perbedaan pada inti framework (core framework), perbedaan template terletak pada struktur foldernya. Pada template advanced anda sudah memiliki backend, frontend dan common.
  • Frontend adalah aplikasi web yang akan ditampilkan untuk end user.
  • Backend adalah aplikasi web yang berfungsi untuk administrator dalam mengelola aplikasi frontend.
  • Common yang  berisi file2 yang digunakan oleh lebih dari satu aplikasi, sebagai contoh global configuration seperti pengaturan koneksi database, atau general model seperti model user.





No comments:

Powered by Blogger.