Culture

Yii2 - [Tutorial] Menampilkan Hello World

Tutorial kali ini akan menunjukkan cara menampilkan "Hello" menggunakan Yii2 Basic. Langkah yang akan kita lakukan adalah:
  1. Membuat Action.
  2. Membuat View.
  3. Uji coba.
Setelah mengikuti tutorial ini anda akan dapat mempelajari 3 hal:
  1. Bagaimana cara membuat Action untuk merespon Request.
  2. Bagaimana cara membuat view untuk menampilkan respon dari Action.
  3. Bagaimana cara aplikasi menangani Request menjadi Action.

Membuat Action

Action adalah obyek yang bisa kita akses untuk menjalan perintah(action) tertentu. Respon atau hasil dari Action akan di kembalikan. Action dikelompokkan oleh controller, jadi kita akan membuat Action di dalam sebuah kontroller. 
Kita akan membuat Action yang kita beri nama katakan. Action katakan akan menerima parameter yang berisi pesan yang akan di tampilkan. Pesan yang dikirim pada saat memangggil Action katakan kemudian akan ditampilkan. Jika tidak ada pesan yang dikirimkan, maka secara default action katakan akan menampilkan pesan "Hello".
Untuk lebih jelasnya mari kita praktekkan.
1. Mendeklarasikan Action katakan di dalam controller (Action harus di deklarasikan di dalam controller). Untuk tutorial kali ini kita akan menggunakan controller yang suda ada (di generate oleh yii2) yaitu SiteController. 

Buka File SiteController.php

Tambahkan Action Katakan di File SiteController.php

namespace app\controllers; use yii\web\Controller; class SiteController extends Controller { // ...Kode Program yang sudah ada sebelumnya... // Kode program tambahan untuk membuat action Katakan public function actionKatakan($pesan = 'Hello Nama Saya Muhammad Eko Utomo') { return $this->render('katakan', ['pesan' => $pesan]); } }
Pada kode program di atas action katakan kita deklarasikan sebagai actionKatakan di dalam class SiteController. Yii menggunakan awalan action untuk membedakan method action dengan method non action di dalam class controller. Nama yang kita tuliskan setelah action menjadi ID untuk nama action yang kita buat.

Aturan Penamaan Action di Yii

Untuk penamaan Action, kita harus memahami bagaimana Yii memperlakukan ID Action.
  • ID Action selalu kita panggil dengan huruf kecil semua (lower case).
  • Jika ID Action menggunakan beberapa kata, maka akan di penggal menggunakan tanda "-". Contoh katakan-sayang.
  • Nama method Action dipetakan ke ID Action dengan menghilangkan semua tanda "-" dari ID, kemudian mengubah semua awal kata menjadi huruf besar, dan menambahkan awalah action. Contoh ID action katakan-sayang akan dipetakan ke method actionKatakanSayang.

Parameter Action

Pada kode program diatas method katakan mengambil parameter $pesan.
public function actionKatakan($pesan = 'Hello Nama Saya Muhammad Eko Utomo')
Secara default parameter $pesan akan bernilai 'Hello Nama Saya Muhammad Eko Utomo' . Jika pada saat kita memanggil action katakan tidak mengirimkan parameter, maka variabel $pesan akan bernilai 'Hello Nama Saya Muhammad Eko Utomo'  . Jika kita mengirimkan parameter, maka variabel $pesan akan bernilai sesuai dengan pesan yang ada dalam parameter yang kita kirimkan.

Render

Di dalam action katakan yang kita buat, fungsi render() juga di panggil untuk menampilkan(merender) file view yang bernama katakan. $this->render('katakan', . Parameter pesan juga di ikutkan ke view sehingga dapat kita gunakan disana , ['pesan' => $pesan]); . Hasil render akan di kembalikan (return) oleh method action dan akan di tampilkan oleh aplikasi ke browser (sebagai bagian dari halaman HTML).

Membuat View

View adalah script yang kita tulis untuk menampilkan isi respon dari action. Kita akan membuat view katakan yang akan menampilkan parameter pesan yang diterima dari method action.
use yii\helpers\Html; ?> = Html::encode($pesan) ?>
Simpan file (view) katakan yang kita buat ke views/site/katakan.php . Ketika method render() dipanggil di dalam sebuah action, method ini akan mencari file PHP yang ada di views/ControllerID/ViewName.php. 
Anda perhatikan pada script diatas bahwa parameter pesan di encode ( HTML-encoded ) sebelum di tampilkan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengamankan aplikasi web kita dari serangan cross-site scripting (XSS) attacks yang biasa dilakukan dengan menambahkan JavaScript pada parameter. 
Content yang ditampilkan oleh script view akan di kembalikan (return) ke aplikasi sebagai hasil dari respon. Aplikasi akan mengubah hasil respon untuk di tampilkan di halaman web. Content bisa berisi tag HTML, text, bahkan statement PHP.

Mencoba Aplikasi

Setelah membuat action dan view, kita dapat mengakses halaman yang baru saja kita buat dengan mengetikkan pada web browser:
http://localhost/belajaryii2.dev/web/index.php?r=site%2Fkatakan
Untuk mengirimkan parameter pesan yang akan di tampilkan kita tambahkan &pesan=IsiPesan:
http://localhost/belajaryii2.dev/web/index.php?r=site%2Fkatakan&pesan=Hello+EKO
Maka output yang di tampilkan akan berubah menjadi isi pesan yang kita kirimkan melalui paramter persan.
Selamat Mencoba!!!


No comments:

Powered by Blogger.