Culture

Yii2 - [Tutorial] Instal Yii2 menggunakan Composer di Windows dan Xampp

Pada tutorial kali ini akan saya tunjukkan cara untuk menginstall Yii2 (basic dan advanced) di sandingkan dengan Xampp. Ada dua cara untuk menginstal Yii:
  1. Menggunakan composer.
  2. Menggunakan File Arsip yang bisa kita download dari website Yii.

Template Project Basic dan Advanced

Template Project adalah sebuah project yii yang di dalamnya sudah terdapat fungsi-fungsi dasar seperti login, form kontak, dll. Jadi kita tinggal kembangkan dari template tersebut sesuai dengan kebutuhan aplikasi kita. Kode program yang ada pada template project disusun sesuai dengan cara yang direkomendasikan oleh Yii, sehingga menjadi titik awal yang baik untuk belajar dan mengembangkan aplikasi.
Yii2 menyediakan dua macam template project, yaitu Basic dan Advanced. Template project advanced lebih baik jika digunakan untuk mengembangkan aplikasi oleh tim pengembang untuk mengembangkan aplikasi yang memiliki beberapa tingkatan.
Template project basic cukup untuk mengembangkan 90 persen aplikasi web, Bedanya dengan Template project advanced adalah pada cara mengorganisisr kode program.
Jika anda baru belajar Yii, sebaiknya menggunakan template project basic karena lebih sederhana tetapi memiliki fungsi-fungsi yang cukup untuk kebutuhan kita.

Instalasi Yii2 menggunakan Composer 

Apa itu Composer

Composer adalah tool/ alat untuk melakukan manajemen dependensi di PHP. Composer bukanlah paket manager serperti Yum atau Apt di linux. Walaupun Composer dapat digunakan untuk menginstal paket atau library, tapi composer memanage paket atau library tersebut per project, menginstalnya di sebuah direktori (misalnya "vendor") di dalam project kita. Secara default composer tidak menginstal apapun secara global. Sehingga lebih tepat composer disebut dengan manajer dependensi dan bukan paket manajer.

Menginstal Composer

Jika anda belum memiliki Composer, silahkan download composer dari getcomposer.org. Untuk windows silahkan download dan install Composer-Setup.exe.
Untuk lebih jelas cara menginstal Composer di windows, silahkan ikuti tutorial Cara Menginstal Composer di Windows.

Menginstal Yii2 dengan Composer

Langkah-langkah untuk menginstall yii dengan composer antara lain :
1. Buka cmd (command prompt)
2. Silahkan anda masuk ke folder root webserver anda(misalnya "htdocs")
Disini saya menggunakan Xampp versi 5.6.23 yang saya install di D:\AppData\xampp5.6.23.  Jika anda menggunakan web server yang lain silahkan cari folder htdocs di web server anda.
3. Jika sudah ketikkan perintah berikut :
  • composer global require "fxp/composer-asset-plugin:^1.2.0"
  • composer create-project --prefer-dist yiisoft/yii2-app-basic belajaryii2.dev
Perintah pertama untuk menginstall composer asset plugin yang berfungsi untuk pengaturan bower dan npm package dependencies melalui composer, dan perintah kedua untuk menginstall yii2 pada folder belajaryii2.dev. Nama Foldernya bisa anda rubah sesuai dengan nama aplikasi web yang ingin anda buat.
4. Ketika proses instalasi berjalan anda akan diminta untuk memasukkan token, anda bisa mendapatkannya dengan login ke akun github yang anda miliki, jika anda belum memiliki akun github silahkan anda buat terlebih dahulu. Namun jika anda telah memiliki akun github silahkan login ke akun github anda. Kemudian pilih settings > personal access tokens > klik button Generate new token.

No comments:

Powered by Blogger.