Culture

Basis Data


  1. Basis Data adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan (berinteraksi) satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
  2. Penerapan database dalam sistem informasi di sebut database sistem.
  3. Elemen Basis Data
    • Terdapat 3 elemen basis data yaitu : User, Isi Data dan Tempat Penyimpan (memori) data.
    • Dalam elemen user terdapat 3 golongan yaitu :
    • Operator yang memerlukan fasilitas ‘Query’ atau paket program yang sudah jadi
    • Programmer yang memerlukan bahasa pemrograman DBMS
    • DBA (database administrator) yang memerlukan data dictionary system (DDS)
    Pengertian Sistem Basis Data
  4. Sistem Basis Data adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi.
  5. Software yang digunakan untuk mengatur (manage) data adalah DBMS (Data Base Management System). Contoh DBMS : Excell, Access, FoxBase, FoxPro, Oracle, Informix, Sybase, dll
  6. Kenapa perlu konsep Basis Data
  7. Dalam pendekatan pengolahan data tradisional sumber data ditangani sendiri-sendiri oleh masing-masing bagian untuk tiap aplikasi.
  8. Sedangkan dalam konsep database, pengolahan data dilakukan secara terintegrasi dalam sebuah database, dimana tiap-tiap orang atau bagian dapat memandang database dari sudut pandangan yang berbeda.
  9. Organisasi File Basis Data
  10. Organisasi data secara konvensional dirasakan kurang, karena berorientasi pada file, artinya data cenderung hanya berhubungan dengan data yang lainnya dalam satu file saja, kurang ada hubungan dengan data lain yang berada di file lain.
  11. Oleh karena itu dikembangkan jenis organisasi data yaitu :
    • Hirarki (berjenjang),
    • Network (jaringan) dan
    • Relasional (hubungan).
    • Organisasi Hirarki
    Organisasi Hirarki / berjenjang atau disebut juga struktur data poon (tree). Suatu pohon dibentuk dari beberapa elemen grup data yang berjenjang, disebut dengan node. Node yang paling atas disebut root (level-1), tiap node dapat bercabang ke node-node yang lain. Dengan ketentuan setiap pohon hanya mempunyai satu root saja dan tiap-tiap node kecuali root hanya dapat mempunyai sebuah orang tua (parent) saja tetapi tiap-tiap node dapat mempunyai beberapa anak (child).
    • Organisasi Network
    Pada Organisasi pohon tiap node tidak dapat mempunyai leih dari satu orang tua, maka pada strukur data jaringan tiap-tiap node dapat mempunyai lebih dari satu orang tua.
    • Organisasi Relasional
    Hubungan di dasarkan pada field kunci (yaitu field yang unik / tidak ada duanya), contoh file MHS dan file NILAI dihungkan melalui field kunci NPM.

2 comments:

  1. Aslkum pak...
    Tugas KSI buat kls karyawan gag ad y?

    ReplyDelete
  2. Ada, tugasnya membuat makalah tentang perancangan sistem informasi dan keamanan sistem. Minimal 5 halaman A4, dengan font Times New Romans 12. Dikirim ke email saya dengan subject MI-11-NIM(Masing-masing). Tolong kasih tahu ke temen-temen yang lain.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.